Jumat, 29 Juni 2012

tips beternak kelinci untuk pemula

bagi temen-temen yang mau beternak kelinci ini ada tips dari pengalaman pribadi saya                                     Ternak keinci memang gampang gampang susah.sebelum beternak kelinci harus tahu ilmu dan seluk beluk beternak kelinci dengan mencari referensi dari berbagai media dan datang langsung ke peternakannyan yang bisa dipercaya.
BERIKUT TIPSNYA:
1.jangan mebeli kelinci yang masih anakan berumur dibawah 2 bulan, kalau bisa beli langsung dari peternak.  berumur 5 bulan(dara) jadi tidak lama lagi-+ 2 bulan utk kelinci lokal bisa dikawinkan dan +-35 hari akan beranak
2.jangan mencampur kelinci jantan dengan betina kecuali di pelihara di pekarangan/di liarkan
3.kawinkan kelinci minimal umur 7 bulan utk kelinci lokal,dengan cara membawa kelinci betina ke kandang pejantan jangan sebaliknya,setelah kawin 3 kali betina di bawa ke kandangnya
4.siapkan kotak dan rumput kering utk sarang beranak setelah 25 hari dari kelinci di kawinkan
5.perbanyak pakan sayuran dan rumput sehabis dikawinkan sampai masa menyusui selesai
6.perlakukan kelinci dengan rasa sayang dan sabar
Saya telah beternak kelinci lebih dari 2 tahun untuk tahun pertama banyak sekali mengalami kendala diantaranya kelinci mati walau sudah gede(dara),penyakitan walau sering di obati namun kambuh lagi,kelinci tidak mau kawin dan ada yang mau kawin serta melahirkan anakannya pada mati tidak disusui dan yang paling tragis anakan dimakan induknya sendiri sehabis beranak(ini yang sering saya diskusikan keteman peternak lain tapi tidak percaya.tapi setelah saya jelaskan dan memperhatiksn betul ternaknya baru percaya)
Setelah saya pelajari, selama 1tahun ini baru bisa di bilang berhasil karena kelinci kelinci saya beranak masing masing indukan minimal 6 anak setiap 2,5 bulan dan jarang sekali mati bisa dibilang 99%
sebetulnya bisa di persingkat siklus beranaknya,tapi tidak bagus untuk anak calon indukan padahal perlakuannya tidak sedetail tahun tahun pertama
Menurut saya KUNCI SUKSESbeternak kelinci yaitu perhatian terhadap kebersihan kandang,sikologi ternak kelinci dan jangan semata mata mencari untung besar utk para pemula.
jangan terlalu banyak di kasih pelet kelinci atau ampas tahu dan tempe  karena kelinci terlalu gemukkecuali di jual sebagai kelinci pedaging bukan untuk indukan
per banyak rumput liar daripada sayur sayuran terutama kangkung
inilah tips dari saya semoga berguna
MAJU TERUS KELINCI INDONESIA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar